Selasa, 19 Juni 2012

jadwal pelajaran tematik


JADWAL PELAJARAN TEMATIK
Paper ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
“Pembelajaran Tematik MI












Dosen Pengampu:
KURNIA HIDAYATI, M.Pd

Disusun Oleh:
Arif Hidayatulloh       210609064


PRODI PGMI
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2012
PEMBAHASAN

A.     Model Jadwal Pelajaran Tematik
Model Jadwal Pelajaran Tematik Dengan Mata Pelajaran
Model jadwal pelajaran tematik dengan mata pelajaran adalah model jadwal yang pada umumnya dipakai disekolah dasar maupun di madrasah ibtidaiyah. Model ini paling mudah diterapkan dan biasanya dipakai untuk pembelajaran tematik yang masih menonjolkan mata pelajaran. Sebagian guru menyebut model jadwal ini dengan “tema masuk dalam mata pelajaran”. Artinya, tema-tema yang dipakai dalam pembelajaran tematik tidak nampak dalam jadwal, tetapi yang tertulis dijadwal adalah nama mata pelajaran. Berikut ini adalah contoh jadwal pelajaran tematik dengan mata pelajaran sebagaimana dijelaskan Tim Pusat Kurikulum Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.

Waktu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
7.00-7.35
Matematika
B indo
Mat
Bi
Penjaskes
IPA
7.35-8.10
Matematika
B indo
Mat
Bi
Penjaskes
IPA
8.10-8.45
Matematika
B indo
Mat
KTK
P. Agama
Mulok
8.45-9.00
Istirahat
9.00-9.35
B indo
Mat
IPS
KTK
P. Agama
Mulok
9.35-10.00
B indo
Mat
IPS
KTK



Dalam model jadwal pelajaran ini tema tidak tampak karena tema masuk dalam jadwal. Oleh karena itu, model jadwal pelajaran tematik ini sama dengan jadwal pelajaran pada umumnya atau non-tematik.

Model Jadwal Pelajaran Tematik Secara Terintegrasi
Jadwal pelajaran tematik secara terintegrasi adalah jadwal pelajaran yang menggunakan tema-tema, bukan nama-nama pelajaran.  Oleh karena itu, dalam jadwal pelajaran tidak tertulis nama-nama pelajaran. Tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran selama satu semester. Semua guru di kelas 1-3 dengan persetujuan kepala madrasah atau sekolah dan waksek, menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik.dan setiap minggu pada minggu efektif, guru-guru harus bersepakat menentukan tema yang digunakan dalam jangka minggu tertentu disesuaikan dengan momen dan kondisi. Berikut ini adalah contoh jadwal pelajaran tematik secara terintegrasi dalam tahun 2008-2009 semester 1 kelas 1.
·                      14 - 19 Juli 2008                           : MOS
·                      21 - 31 Juli 2008                           : Tema Keluargaku
·                      1 – 16 Agustus 2008                     : Tema Sekolahku
·                       18 – 30 Agustus 2008                  : Tema Pahlawanku
·                      1 – 2 September 2008                   : Tema Libur Awal Puasa
·                      3 – 23 September 2008                 : Tema Efektif Fakultatif
·                      24 Sept – 8 Oktober 2008            : Libur Hari Raya
·                      9 – 19 Oktober 2008                    : Tema Kasih Sayang UTS 1
·                      20 – 25 Oktober 2008                  :
·                      27 Okt – 15 November 2008        : Tema Kasih Sayang
·                      17 Nov – 6 Desember 2008          : Tema Rumahku
·                      9 – 13 Desember 2008                  : Tema Pengorbanan
·                      15 Des – 3 Januari  2008               : Tema Lingkungan
·                      5 – 10 Januari 2009                       : UAS 1
·                      11 – 17 Januari2009                      : Pembagian Raport
·                      18 – 24 Januari 2009                     : Libur Semester 1

B.     Strategi Merancang Jadwal Pelajaran Tematik
Cara merancang Jadwal Pelajaran Tematik dengan Mata Pelajaran
·        Semua guru yang mengajar di kelas 1 – 3 yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, maupun guru muatan lokal perlu bekerja sama menyusun Jadwal pelajaran sebagai mana dijelaskan Tim Puskur Balitbang Departemen Pendidikan Nasional (2006)
·        Menyusun jadwal pelajaran dengan menggunakan tabel yang berisi mata pelajaran dan jam mata pelajaran.
·        Semua guru bermusyawarah menentukan tema. Sebaiknya musyawarah guru dilakukan setiap miggu. Guru juga perlu menentukan satu tema digunakan untuk beberapa minggu.
Cara Merancang Jadwal Pelajaran Tematik secara Terintegrasi
·        Semua guru yang mengajar di kelas 1 – 3 yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani maupun guru muatan lokal perlu bersama – sama menyusun jadwal pelajaran.
·        Sebelum dimulai tahun ajaran baru, semua guru bermusyawarah untuk menentukantema – tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik dalam satu tahun.
·        Menentukan tema – tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik yang disesuaikan pada momen – momen tertentu, seperti tema “Pengorbanan” di sekitar tanggal 8 Dzulhijjah atau tema “Perang gajah” disekitar Bulan maulid Nabi Muhammad SAW.
·        Selain itu, guru menyusun kegiatan hariandan menentukan sub tema yang diajarkan untuk satu atau dua minggu. Penyusunan kegiatan pembelajaran dengan tema dapat digunakan format sebagai berikut:


Hari ke
KD dan Indikator
Sub Tema
Agama
Mat
Penjaskes
IPA
Bahasa Indonesia
IPS
PKn
1
Membacakan perilaku jujur
Membilang atau menghitung secara urut


Menyebutkan nama bagian-bagian tubuh
Menyebutkan nama lengkap dan nsms psnggilan
Menyebutkan berdasarkan jenis kelamin anggota keluarga
Nama diri
2

Membilang atau menghitung secara urut


Menyebutkan nama bagian-bagian tubuh
Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara, dan wali

Panggilan kesayangan
3

Menyebutkan banyak benda


Menceritakan kegunaan bagian bagian tubuh


Kegemaran
4
Membiasakan perilaku jujur
Menyebutkan banyak benda


Menulis bagian tubuh


Kebiasaan baik
5


Mempraktikkan gerak dasar jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
Menyebutkan nama bagian bagian tubuh



Pertumbuhan dan perbuatan
6



Menyebutkan nama bagian bagian tubuh



Menjiplak bayangan
7
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
Membilang atau menghitung secara urut


Menceritakan kegunaan bagian tubuh
Menyebut alamat tempat tinggal

Alamat
8

Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak


Menceritakan kegunaan bagian bagian tubuh
Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah

Kesehatan
9

Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak






10




Menyebutkan anggota gerak tubuh


Melompat
11


Mempraktikkan gerak dasar lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
Menceritakan kegunaan bagian tubuh




12



Menceritakan kegunaan bagian tubuh





dikutip dari buku lapis pgmi stain ponorogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar