Makalah


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PONOROGO
JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PGMI
UJIAN TENGAH SEMESTER
NAMA MATA KULIAH        : METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
NAMA                                    : ARIF HIDAYATULLOH
NIM                                        : 210609064
PRODI / KELAS                     : PGMI / C
DOSEN                                   : PRYLA RAHMAWATI, M.Pd
1.      Jelaskan pengertian hakekat penelitian serta kaitannya dengan pendidikan!
Jawaban : research merupakan asal kata dari bahasa inggris berarti “mencari kembali”, yang berarti mempelajari sesuatu atau studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data untuk mencapai tujuan. Dalam pendidikan perlu adanya penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan yang diterapkan dilaksanakan pasti ada masalah contoh tidak mengerjakan pr, hasil belajar yang rendah dsb, dari itu maka harus dicarikan pemecahan masalahnya kenapa bisa terjadi maka itulah pentingnya penelitian dalam pendidikan.
2.      Apa saja yang menjadi sumber dalam Masalah Penelitian? Dan berikan contoh cara mengemukakan Masalah Penelitian!
Jawaban : (a)bacaan (b)pertemuan ilmiah (c)pernyataan pemegang kekuasaan (otoritas) (d)pengamatan (observasi) (e)wawancara dan penyebaran koefisioner (f) pengalaman (g)intuisi. Cara mengemukakan masalah dalam penelitian dengan cara bisa dengan mengidentifikasi masalah apa kemudian dilanjutkan dengan  menganalisis merumuskan masalah. 
3.      Sebutkan macam-macam sumber pustaka dan kegunaan dari kajian pustaka?
Jawaban : (a) klasifikasi menurut bentuk : sumber tertulis antara lain buku, surat kabar, majalah, buku notulen, buku inventaris, ijazah, buku-bku pengetahuan, surat-surat keputusan dll. Sumber yang tidak tertulis diantaranya adalah rekaman suara, benda-benda hasil peninggalan purbakala(prasati,relief,dll) film, slide dsb. (b) klasifikasi menurut isi : sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data diklasifikasikan menjadi 3 tingkatan yaitu :person, place, paper.
Kegunaan kajian pustaka adalah Membantu peneliti menelusuri atau memilih topik penelitian, membantu peneliti memahami topik lebih baik, yang kurang jelas menjadi jelas, menjamin tidak ada duplikasi penelitian.
4.      Apa yang dimaksud dengan asumsi dan hipotesis? Sebutkan jenis-jenis hipotesis dan cara mengujinya!
Jawaban : asumsi adalah dasar yang dijadikan pijakan dan berasal dari pengetahuan , pengalaman dan tidak berasal dari teori. Hipotesis adalah dugaan sementara berdasarkan dengan teori yang relevan dan dengan fakta-fakta empiris.
Jenis-jenis hipotesis : (a) hipotesis dilihat dari kategori rumusannya : hipotesis nihil dan hipotesis alternatif.
Cara menguji hipotesis ada 2 cara yang pertama dengan mencocokkan dengan fakta, Hal ini sering dilakukan pada penelitian dengan metode percobaan. Si peneliti, dalam hal ini, mengadakan percobaan untuk mengumpulkan data yang akan digunakan untuk menguji hipotesisnya. Pada percobaan tersebut si peneliti menggunakan control. Kedua dengan konsistensi logis, Logika adalah ilmu yang mempelajari cara memberi alasan. Logika adalah studi tentang operasional memberi alasan, dengan mana fakta-fakta diamati, bukti-bukti dikumpulkan dan kesimpulan yang wajar diambil. Dengan demikian logika tidak lain adalah metode memberi alasan , cara penarikan kesimpulan dengan berfikir secara valid dinamakan berfikir secara logis.
5.      Apa yang dimaksud dengan variabel? Jelaskan pentingnya memahami variabel dalam sebuah penelitian!
Jawaban : variabel adalah obyek yang digunakan untuk mempermudah menentukan sumber data. Pentingnya memahami variabel karena dengan variabel bermanfaat untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data, juga untuk mempersiapkan metode analisis dan untuk pengujian hipotesis.
6.      Jelaskan pengertian sumber data, populasi, dan sampel!
Jawaban : sumber data adalah sobyek dari mana data dapat diperoleh. Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian dalam ruang lingkup dan waktu yang ditentukan. Sampel adalah sebagian unsur populasi yang dijadikan obyek penelitian.
7.      Jelaskan ciri-ciri penelitian eksperimen! Sebutkan perbedaan antara Pre Experimental, Quasy Experimenal, and True Experimental Design!
Jawaban : ciri penelitian experimen adalah terdapat hubungan kausal antara munculnya suatu akibat (variabel terikat) dan sebab (variabel bebas) tertentu melalui suatu upaya sengaja yang dilakukan oleh peneliti, adanya manipulasi variabel, kontrol, penugasan random dan perlakuan (treatment).
Pre Experiment digunakan untuk melakukan studi pendahuluan sebelum dilakukan eksperimen sebenarnya, tidak adanya kelas kontrol, kelasnya hanya satu saja.
Quasi-eksperiment tidak dilakukan penugasan random, tapi menggunakan kelompok yang telah ada,  asal pengambilan sampel dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
True Eksperiment atau eksperimen sebenarnya yang memiliki ciri-ciri utama eksperimen, seperti manipulasi variabel, kontrol, penugasan random dan perlakuan, obyek penelitian harus sama, sampel untuk eksperimen diambil ecara randomdari populasi tertentu.
8.      Apa yang dimaksud dengan penelitian Ex Post Facto? Jelaskan prosedur penelitian ex Post facto!
Jawaban : Penelitian ex post facto adalah penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala, atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa.
Prosedur penelitiannya dengan perumusan masalah, setelah masalah dirumuskan peneliti harus mampu mengidentifikasi hipotesis tandingan atau alternatif yang mungkin dapat menerangkan hubungan antar variabel independen dan dependen. Kemudian penentukan kelompok subyek yang akan dibandingkan, selanjutnya mengumpulkan data yang diperlukan yang dikumpulkan baik yang berkenaan dengan variabel dependen maupun berkenaan dengan faktor yang dimungkinkan memunculkan hipotesis tandingan. Kemudian  analisis data sama serupa dengan yang digunakan dalam penelitian diferensial maupun eksperimen, yang terakhir adalah penafsiran hasil pernyataan sebab akibat dalam penelitian perlu dilakukan secara hati-hati.
9.      Jelaskan pengertian dari penelitian deskriptif kualitatif dan jenis-jenis penelitian deskriftif!
Jawaban : penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang hanya mendeskripsikan data apa adanya dan menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelasan secara kualitatif.
Jenis-jenis penelitian deskriptif : (a) penelitian deskriptif kualitatif (b) penelitian deskriptif asosiatif (c) penelitian deskriptif  komparatif.
10.  Apa yang dimaksud dengan PTK? Jelaskan prosedur dalam PTK!
Jawaban : PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dan kelasnya tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan dan peningkatan proses dan praksis pembelajaran.
Prosedur PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian mata pelajaran yang terdiri dari empat tahap yaitu observasi dimana sebelum melakukan proses pembelajaran berbasis ptk terlebih dahulu mengobservasi awal untuk menemukan masalah. Perencanaan setelah judul perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis ptk kemudian langkah selanjutnya perencanaan pelaksanaan ptk, yang harus dilakukan menyusun Rpp, menyiapkan fasilitas, sarana pendukung yang diperlukan dalam kelas. Menyiapkan instrumen untuk menganalisis data mengenai proses dan hasil tindakan. Tindakan dalam tahap ini merupakan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dirumuskan pada Rpp dalam situasi yang aktual. Kemudian pengamatan dilakukan tentang apa yang diamati misal keaktifan. Refleksi pada tahap ini yang harus dilakukan adalah mencatat dan mengevaluasi hasil observasi kemudian menganalisis hasil pembelajaran
11.  Apa yang dimaksud dengan instrument penelitian? Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis instrument penelitian!
Jawaban : instument penelitian adalah segala peralatan yang digunakan untuk memperoleh, mengelola, dan menginteprasikan informasi dari para responden yang dilakukan dengan pola pengukuran yang sama.
Jenis-jenis instrumen penilaian :
Tes adalah sederetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, pengukuran, inteligensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.
Kuesioner atau angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atu hal-hal yang ia ketahui.
Interviue digunakan oleh peneliti unyuk menilai keadaan seseorang, misalnya untuk mencari data tentang variabel latar belakang murid, orang tua, pendidikan, perhatian, sikap terhadap sesuatu.
Didalam artian penelitian observasi adalah mengadakan pengamatan secara langsung, abservasi dapat dilakukan dengan tes, kuesioner, ragam gambar, dan rekaman suara. Pedoman observasi berisi sebuah daftar jenis kegiatan yang mungkin timbul dan akan diamati.
12.  Jelaskan langkah-langkah analisis data dalam masing-masing desain penelitian (a) exsperimental (b) ex post facto (c) deskriftif kualitatif (d) PTK!
Jawaban: (c) pertama mereduksi data dalam konteks penelitian yang dimaksud adalah merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting membuat kategori. Kedua mendisplaikan data atau menyajikan data ke dalam pola yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, grafik, matrik, dan chart. Ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. (d) dalam PTK penyajian analisis data dilakukan per-siklus yang yang merupakan hasil penelitian, data hasil observasi pembelajaran dianalisis bersama-sama dengan mitra kolaborasi, kemudian ditafsirkan berdasarkan kajian pustaka dan pengalaman guru. Sedangkan hasil belajarsiswa (evaluasi) dianalisis berdasarkan ketentuan belajar siswa. (a),(b) menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis yang telas dirumuskan dalam proses penelitian. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar