SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PONOROGO
JURUSAN
TARBIYAH PROGRAM STUDI PGMI
UJIAN TENGAH SEMESTER
NAMA MATA KULIAH :
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
NAMA :
ARIF HIDAYATULLOH
NIM :
210609064
PRODI / KELAS :
PGMI / C
DOSEN :
PRYLA RAHMAWATI, M.Pd
1.
Jelaskan pengertian
hakekat penelitian serta kaitannya dengan pendidikan!
Jawaban
: research merupakan asal kata dari bahasa inggris berarti “mencari kembali”,
yang berarti mempelajari sesuatu atau studi yang dilakukan seseorang melalui
penyelidikan terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat
terhadap masalah tersebut dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data untuk
mencapai tujuan. Dalam pendidikan perlu adanya penelitian untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan pendidikan yang diterapkan dilaksanakan pasti ada masalah
contoh tidak mengerjakan pr, hasil belajar yang rendah dsb, dari itu maka harus
dicarikan pemecahan masalahnya kenapa bisa terjadi maka itulah pentingnya
penelitian dalam pendidikan.
2.
Apa saja yang menjadi sumber
dalam Masalah Penelitian? Dan berikan contoh cara mengemukakan Masalah
Penelitian!
Jawaban
: (a)bacaan (b)pertemuan ilmiah (c)pernyataan pemegang kekuasaan (otoritas) (d)pengamatan
(observasi) (e)wawancara dan penyebaran koefisioner (f) pengalaman (g)intuisi. Cara
mengemukakan masalah dalam penelitian dengan cara bisa dengan mengidentifikasi
masalah apa kemudian dilanjutkan dengan
menganalisis merumuskan masalah.
3.
Sebutkan macam-macam
sumber pustaka dan kegunaan dari kajian pustaka?
Jawaban
: (a) klasifikasi menurut bentuk : sumber tertulis antara lain buku, surat
kabar, majalah, buku notulen, buku inventaris, ijazah, buku-bku pengetahuan,
surat-surat keputusan dll. Sumber yang tidak tertulis diantaranya adalah
rekaman suara, benda-benda hasil peninggalan purbakala(prasati,relief,dll)
film, slide dsb. (b) klasifikasi menurut isi : sumber primer dan sumber
sekunder. Sumber data diklasifikasikan menjadi 3 tingkatan yaitu :person,
place, paper.
Kegunaan
kajian pustaka adalah Membantu peneliti
menelusuri atau memilih topik penelitian, membantu peneliti memahami topik
lebih baik, yang kurang jelas menjadi jelas, menjamin tidak ada duplikasi
penelitian.
4.
Apa yang dimaksud dengan
asumsi dan hipotesis? Sebutkan jenis-jenis hipotesis dan cara mengujinya!
Jawaban
: asumsi adalah dasar yang dijadikan pijakan dan berasal dari
pengetahuan , pengalaman dan tidak berasal dari teori. Hipotesis adalah
dugaan sementara berdasarkan dengan teori yang relevan dan dengan fakta-fakta
empiris.
Jenis-jenis
hipotesis : (a) hipotesis dilihat dari kategori
rumusannya : hipotesis nihil dan hipotesis alternatif.
Cara
menguji hipotesis ada 2 cara yang pertama dengan mencocokkan dengan
fakta, Hal ini sering
dilakukan pada penelitian dengan metode percobaan. Si peneliti, dalam hal ini, mengadakan
percobaan untuk mengumpulkan data yang akan digunakan untuk menguji
hipotesisnya. Pada percobaan tersebut si peneliti menggunakan control. Kedua
dengan konsistensi logis, Logika adalah ilmu yang mempelajari cara memberi
alasan. Logika adalah studi tentang operasional memberi alasan, dengan mana
fakta-fakta diamati, bukti-bukti dikumpulkan dan kesimpulan yang wajar diambil.
Dengan demikian logika tidak lain adalah metode memberi alasan , cara penarikan
kesimpulan dengan berfikir secara valid dinamakan berfikir secara logis.
5.
Apa yang dimaksud dengan
variabel? Jelaskan pentingnya memahami variabel dalam sebuah penelitian!
Jawaban
: variabel adalah obyek yang digunakan untuk mempermudah menentukan
sumber data. Pentingnya memahami variabel karena dengan variabel bermanfaat
untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data, juga untuk mempersiapkan
metode analisis dan untuk pengujian hipotesis.
6.
Jelaskan pengertian
sumber data, populasi, dan sampel!
Jawaban
: sumber data adalah sobyek dari mana data dapat diperoleh. Populasi adalah
seluruh data yang menjadi perhatian dalam ruang lingkup dan waktu yang
ditentukan. Sampel adalah sebagian unsur populasi yang dijadikan obyek
penelitian.
7.
Jelaskan ciri-ciri
penelitian eksperimen! Sebutkan perbedaan antara Pre Experimental, Quasy
Experimenal, and True Experimental Design!
Jawaban
: ciri penelitian experimen adalah terdapat hubungan kausal antara munculnya suatu akibat (variabel terikat)
dan sebab (variabel bebas) tertentu melalui suatu upaya sengaja yang dilakukan
oleh peneliti, adanya manipulasi variabel, kontrol, penugasan random dan
perlakuan (treatment).
Pre
Experiment digunakan untuk melakukan studi
pendahuluan sebelum dilakukan eksperimen sebenarnya, tidak adanya kelas
kontrol, kelasnya hanya satu saja.
Quasi-eksperiment
tidak dilakukan penugasan random, tapi menggunakan kelompok yang telah ada, asal pengambilan sampel dari kelas eksperimen
dan kelas kontrol.
True
Eksperiment atau eksperimen sebenarnya yang memiliki
ciri-ciri utama eksperimen, seperti manipulasi variabel, kontrol, penugasan
random dan perlakuan, obyek penelitian harus sama, sampel untuk eksperimen
diambil ecara randomdari populasi tertentu.
8.
Apa yang dimaksud dengan
penelitian Ex Post Facto? Jelaskan prosedur penelitian ex Post facto!
Jawaban
: Penelitian ex post facto adalah penelitian yang bertujuan menemukan
penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala, atau fenomena yang disebabkan
oleh suatu peristiwa.
Prosedur
penelitiannya dengan perumusan masalah, setelah masalah dirumuskan peneliti
harus mampu mengidentifikasi hipotesis tandingan atau alternatif yang mungkin
dapat menerangkan hubungan antar variabel independen dan dependen. Kemudian
penentukan kelompok subyek yang akan dibandingkan, selanjutnya mengumpulkan
data yang diperlukan yang dikumpulkan baik yang berkenaan dengan variabel
dependen maupun berkenaan dengan faktor yang dimungkinkan memunculkan hipotesis
tandingan. Kemudian analisis data sama
serupa dengan yang digunakan dalam penelitian diferensial maupun eksperimen, yang
terakhir adalah penafsiran hasil pernyataan sebab akibat dalam penelitian perlu
dilakukan secara hati-hati.
9.
Jelaskan pengertian dari
penelitian deskriptif kualitatif dan jenis-jenis penelitian deskriftif!
Jawaban
: penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang hanya mendeskripsikan data apa adanya dan
menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelasan secara
kualitatif.
Jenis-jenis penelitian deskriptif : (a) penelitian
deskriptif kualitatif (b) penelitian deskriptif asosiatif (c) penelitian
deskriptif komparatif.
10.
Apa yang dimaksud dengan
PTK? Jelaskan prosedur dalam PTK!
Jawaban
: PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dan kelasnya tempat ia
mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan dan peningkatan proses dan praksis
pembelajaran.
Prosedur
PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian mata pelajaran yang terdiri dari
empat tahap yaitu observasi dimana sebelum melakukan proses pembelajaran
berbasis ptk terlebih dahulu mengobservasi awal untuk menemukan masalah. Perencanaan
setelah judul perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis ptk kemudian langkah
selanjutnya perencanaan pelaksanaan ptk, yang harus dilakukan menyusun Rpp,
menyiapkan fasilitas, sarana pendukung yang diperlukan dalam kelas. Menyiapkan
instrumen untuk menganalisis data mengenai proses dan hasil tindakan. Tindakan
dalam tahap ini merupakan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang
dirumuskan pada Rpp dalam situasi yang aktual. Kemudian pengamatan dilakukan
tentang apa yang diamati misal keaktifan. Refleksi pada tahap ini yang
harus dilakukan adalah mencatat dan mengevaluasi hasil observasi kemudian
menganalisis hasil pembelajaran
11.
Apa yang dimaksud dengan
instrument penelitian? Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis instrument penelitian!
Jawaban
: instument penelitian adalah segala peralatan yang digunakan untuk memperoleh,
mengelola, dan menginteprasikan informasi dari para responden yang dilakukan
dengan pola pengukuran yang sama.
Jenis-jenis
instrumen penilaian :
Tes
adalah sederetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk
mengukur ketrampilan, pengukuran, inteligensi, kemampuan atau bakat yang
dimiliki oleh individu atau kelompok.
Kuesioner
atau angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk
memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atu
hal-hal yang ia ketahui.
Interviue
digunakan oleh peneliti unyuk menilai keadaan seseorang, misalnya untuk mencari
data tentang variabel latar belakang murid, orang tua, pendidikan, perhatian,
sikap terhadap sesuatu.
Didalam
artian penelitian observasi adalah mengadakan pengamatan secara
langsung, abservasi dapat dilakukan dengan tes, kuesioner, ragam gambar, dan
rekaman suara. Pedoman observasi berisi sebuah daftar jenis kegiatan yang
mungkin timbul dan akan diamati.
12.
Jelaskan langkah-langkah
analisis data dalam masing-masing desain penelitian (a) exsperimental (b) ex
post facto (c) deskriftif kualitatif (d) PTK!
Jawaban:
(c) pertama mereduksi data dalam konteks penelitian yang dimaksud adalah
merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting
membuat kategori. Kedua mendisplaikan data atau menyajikan data ke dalam
pola yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, grafik, matrik, dan
chart. Ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. (d) dalam PTK
penyajian analisis data dilakukan per-siklus yang yang merupakan hasil
penelitian, data hasil observasi pembelajaran dianalisis bersama-sama dengan
mitra kolaborasi, kemudian ditafsirkan berdasarkan kajian pustaka dan
pengalaman guru. Sedangkan hasil belajarsiswa (evaluasi) dianalisis berdasarkan
ketentuan belajar siswa. (a),(b) menjawab rumusan masalah atau menguji
hipotesis yang telas dirumuskan dalam proses penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar